TEGUH SUJATMIKO

Kamis, 02 Desember 2010

MENGENAL INTERNET

A. PENGERTIAN DASAR INTERNET
1.Apa itu internet

Internet merupakan singkatan dari interconnected network. Jika di terjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung.
Internet adalah Kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan.

Ada dua peranan internet yang sangat penting, yakni :
1. Sebagai sumber data dan informasi.
Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas.
2. Sarana pertukaran data dan informasi.
Dua buah komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi dan bertukaran data/informasi.akses tersebut sangat cepat dan tanpa di batasi jarak fisik kedua komputer.

2. Berbagai aplikasi internet

Aplikasi di internet sangat banyak sekali dan akan terus bertambah.Diantara aplikasi tersebut yang paling banyak di kenal dan digunakan antara lain :

• World Wide Web ( www )
www adalah aplikasi internet yang berisi dokumen-dokumen internet yang di simpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia.
www merupakan aplikasi internet yang paling banyak di gunakan dan aplikasi yang sangat penting.www di buat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia yaitu Hypertext Markup Language (HTML).HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen lain.HTML digunakan untuk menyimpan informasi.Dokumen tersebut dapat berupa text, gambar, animasi, audio dan video.
• Electronic Mail ( Email )
Email adalah aplikasi internet yang digunakan untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik.
Email merupakan alat komunikasi yang murah.yang dikirim melalui email antara lain file dokumen, gambar dll.
• Mailing List ( Milis )
Mailing List adalah Aplikasi internet yang di gunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email.
Milis sebenarnya bentuk lain dari email, hanya saja email yang di kirim ke alamat milis akan di kirimkan keseluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.
• Newsgroup
Newsgroup adalah Aplikasi internet yang di gunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.

Biasanya anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.Sarana yang mungkin di gunakan dalam newsgroup adalah berupa multimedia (audio visual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video dan dapat berupa teks saja atau teks dan audio.
• Internet Relay Chat ( IRC )
IRC adalah Aplikasi internet yang di gunakan untuk bercakap-cakap di internet.
Saat ini beberapa layanan chatting di internet dilengkapi dengan webcam, sehingga kita dapat bercakap-cakap sambil melihat orang yang sedang chatting.
• File Transfer Protocol ( FTP )
FTP adalah Aplikasi internet untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain.
FTP sering di gunakan untuk mencari dan mendownload file dari sebuah server di internet.FTP juga di gunakan untuk mengup-load file ke situs internet sehingga bisa di akses oleh pengguna di seluruh dunia.
• Telnet
Telnet adalah Aplikasi internet yang di gunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.
Telnet dapat di gunakan apabila kita mempunyai alamat IP ( IP address ) dari komputer yang akan di akses dan kita juga harus mempunyai hak akses ( user ID dan password ) ke komputer tersebut.
• Ping
Ping adalah Aplikasi yang di gunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer yang lain di internet.
Ping singkatan dari Packet Internet Gopher.pengecekan hubungan ini di lakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data

Dari aplikasi-aplikasi yang ada di internet, kegunaan yang dapat kita rasakan adalah sebagai berikut :
1. Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi dengan cepat.ini terdapat pada aplikasi email, www,newsgroup,FTP dll
2. Mengurangi biaya kertas dan distribusi.contohnya koran,majalah,brosur dll
3. Sebagai media promosi.contohnya untuk menampilkan profil perusahaan dan produk-produknya.
4. Sarana komunikasi interaktif.contohnya email,konferensi video, voip dll
5. Sarana penelitian dan pengembangan.
6. Sarana untuk pertukaran data.

3. Sejarah perkembangan internet

Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan AS khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir.Sehingga dimulailah riset komputer oleh ARPA ( Advanced Research Projects Agency ) untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi.ARPA ini di pimpin oleh joseph licklider Pada tahun 1965 Larry robert dan Thomas Marill dengan bantuan ARPA berhasil menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telepon, tetapi tidak efisien karena menghabiskan bandwidth dan mahal.
Tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dari beberapa universitas di AS,3 tahun kemudian berhasil membuat sebuah jaringan yang di sebut ARPANET (cikal bakal lahirnya internet).
Internet yang pada masa itu di sebut ARPANET pertama kali onlin pada tahun 1969, tetapi masih hanya menghubungkan komputer-komputer di beberapa universitas di bagian barat daya Amerika Serikat.Pada tahun 1971 the network working group menyelesaikan protokol telnet.Protokol ini digunakan untuk mengakses sebuah komputer dari jarak jauh.
Permasalahan yang timbul untuk menghubungkan jaringan-jaringan ke ARPANET adalah banyaknya jaringan yang berbeda.Maka pada tahun 1973 mulai di kembangkan protokol yang kemudian di kenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Pada tahun 1993 ARPANET resmi di tutup.Jaringan komputer yang semula hanya 4 jaringan komputer yang tergabung di dalamnya berkembang menjadi 300.000 jaringan.Di seluruh dunia, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna internet terbesar ke-15.Sedangkan untuk kawasan Asia,Indonesia merupakan dengan jumlah pengguna internet terbesar ke-5 di bawah Cina,Jepang,India dan Korea Selatan.


B. PEMANFAATAN INTERNET UNTUK BISNIS

Kemampuan dan keandalan dari internet banyak sekali di manfaatkan untuk menunjang segala aspek, diantaranya adalah dalam bidang bisnis dan perdagangan. Beberapa aplikasi yang memanfaatkan internet adalah perdagangan secara elektronik,internet banking, dan belajar jarak jauh.

1. E-Commerce

E-Commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce.
E-Commerce atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang di lakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet.

Perdagangan secara elektronik memberikan banyak keuntungan baik kepada perusahaan, maupun kepada konsumen.Keuntungan yang di peroleh perusahaan antara lain :
• Memungkinkan perusahaan menjual produknya kepada lebih banyak orang.Dengan kata lain perusahaan dapat menjangkau pasar di seluruh dunia.
• Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi
• Biaya yang di keluarkan perusahaan dapat di kurangi.
• Karena biaya yang di keluarkan dapat di kurangi, maka harga dapat di jual lebih rendah.
• Meningkatkan daya saing perusahaan.

Sedangkan keuntungan dari konsumen adalah:
• Konsumen tidak perlu datang ke toko, karena barang di antar ke rumah.
• Konsumen dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
• Konsumen mempunyai banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet
• Konsumen dapat membeli barang yang dari negara lain,yang mungkin saja di dalam negeri belum tersedia
• Harga yang di beli lebih murah

2.Internet Banking

Internet banking sering disebut juga dengan Electronic banking (E-banking), Cyberbanking, Virtual banking, Home Banking maupun Online Banking.
Internet banking adalah aktifitas banking yang di lakukan dari rumah, kantor atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet.

Internet banking memberikan keuntungan kepada nasabah karena tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi.Pihak bank juga di untungkan karena akan mengurangi biaya operasional.

3. Belajar jarak jauh

Dengan Internet memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one-to-one communication) dan dialog dengan banyak orang (one-to-many communication).Hal ini memungkinkan terjadinya diskusi antara dua orang atau lebih.
Internet juga memungkinkan terjadinya komunikasi dengan tatap muka melalui teleconference.Komunikasi audiovisual dapat memungkinkan terjadinya komunikasi verbal dan non-verbal secara langsung.
Kemampuan dan karakteristik tersebut yang memungkinkan internet di manfaatkan sebagai media belajar jarak jauh.Pemanfaatan internet ini akan membuat proses belajar mengajar jarak jauh menjadi lebih efektif.

C. INTRANET

Intranet adalah Jaringan komputer yang terhubung, yang di gunakan suatu sistem organisasi dengan luas tertentu.

Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain, sama dengan internet, tetapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam internet.Contoh dari sebuah intranet adalah Jaringan komputer di perusahan-perusahan yang tidak terhubung ke internet serta laboratorium komputer di sekolah.



DASAR-DASAR SISTEM JARINGAN

A. APAKAH ITU JARINGAN KOMPUTER ?

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainya.Dalam sebuah jaringan komputer terdapat ebuah komputer server dan komputer client. Komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada didalam jaringan. Komputer server juga berfungsi sebagai penyedia sumber yang di butuhkan oleh komputer client. Sumber tersebut dapat berupa data-data, program-program,file-file dll.Sedangkan komputer client hanya menerima pelayanan.

1. Berbagai jenis Jaringan

Dlihat secara fisik, jaringan komputer dapat di bedakan menjadi 2, yaitu :
1. Jaringan Kabel.adalah
Jaringan komputer yang secara fisik di hubungkan dengan kabel-kabel jaringan.
2. Jaringan tanpa kabel atau nirkabel ( wireless network )
Jaringan komputer yang di hubungkan dengan menggunakan gelombang radio.

Dilihat dari area yang di cakup nya, secara umum jaringan komputer dapat di golongkan atas empat jenis yaitu :
• Local Area Network ( LAN )
LAN adalah Jaringan yang terdapat dalam satu buah gedung atau perkoantoran.
Local Area Network memungkinkan suatu perusahaan dapat menggunakan sebuah sumber daya secara bersama-sama ( mis : Printer ).Komputer LAN biasanya hanya berjarak beberapa meter saja.
• Metropolitan Area Network ( MAN )
MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar.
MAN biasanya di gunakan untuk menghubungkan beberapa kantor/instansi yang berdekatan
• Wide Area Network ( WAN )
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis.
MAN banyak di gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai cabang di beberapa negara di belahan dunia.
• Internet
Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN dan WAN yang ada di seluruh dunia.Koneksi internet ini dapat berupa kabel, wireless maupun serat optic.Biasanya untuk menghubungkan satu benua dengan benua yang lain digunakan serat optic yang di bangun di dast laut.

B. PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER.

Suatu jaringan komputer, biasanya mempunyai perangkat lunak dan perangkat keras jaringan.Perangkat lunak jaringan yang mendukung aplikasi jaringan meliputi :
1) Personal Computer Operating System.
Contoh : windows,OS/2 dll
2) Network Operation System
Contoh : windows server, windows NT
3) Protocol.yakni software untuk menghubungkan client dengan client maupun client dengan server.
4) Program aplikasi.
5) Internet sharing

Sedangkan perangkat keras jaringan antara lain :
1) Server
Komputer server umumnya mempunyai sistem operasi, aplikasi dan database, yang memberikan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan. Jika jaringan komputer di hubungkan ke internet, komputer server juga berfungsi sebagai GATEWAY ( gerbang ).
2) Client
Komputer client menerima pelayanan dari server dan juga melakukan pengolahan data yang di ambil dari server.
3) LAN Card
LAN card adalah perangkat keras jaringan yang di pasangkan di komputer (baik server maupun client).
4) HUB
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN card.Hub juga berfungsi sebagai penguat sinyal.Hub memungkinkan sebuah komputer server terhubung dengan komputer-komputer client dalam sebuah jaringan.
5) Kabel dan Konektor
Kabel dan konektor adalah perangkat jaringan yang di gunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain. Biasanya kabel yang di gunakan dalam sebuah jaringan adalah kabel UTP
6) Repeater
Repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal.Sinyal yang di terima dari sebuah komputer pengirim akan di kuatkan kembali, sehingga kualitas sinyal sama dengan aslinya.
7) Bridge
Bridge adalah perangkat jaringan yang di gunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan LAN dengan jaringan LAN lainnya. Dengan menggunakan bridge ini maka sebuah jaringan yang lebih besar akan di peroleh.
8) Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Dengan adanya router maka arus data dari satu LAN dapat di isolasi dari arus LAN lain. Dengan demikian arus data satu LAN tidak bercampur baur dengan arus data LAN lainnya.
Ada 2 jenis router, yakni :
• Router Dedicated ( pabrikan )
• Router PC ( Komputer yang di buat menjadi router )


AKSES INTERNET

1. INTERNET SERVICE PROVIDER

Koneksi ke internet membutuhkan infrastruktur yang sangat mahal. Karena itu tidak mungkin dibangun oleh pengguna perorangan. Maka muncul perusahaan-perusahaan yang menjual jasa internet yang di sebut ISP. ISP merupakan penghubung antara komputer kita dengan internet.
Ada beberapa kriteria yang di gunakan untuk memilih sebuah ISP.
1. Kecepatan Transfer data.
Satuan kecepatan transfer data adalah BYTE PER SECOND ( bps ). Artinya banyaknya bit data yang dapat di pindahkan dari satu komputer ke komputer yang lain dalam satu detik.
2. Bandwidth
Bandwidth adalah lebar saluran yang di lewati secara bersama-sama oleh data yang di transfer.Bandwith dapat di ibaratkan sebagai sebuah jalan raya yang di lewati oleh banyak kendaraan secara bersama-sama. Semakin banyak kendaraan yang lewat semakin lambat laju kendaraan. Semakin lebar jalan raya maka semakin banyak pula kendaraan yang dapat di lewatkan.
3. Memiliki Server Proxy
Server Proxy berfungsi menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan.
4. Memiliki Backbone.
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP ke Internet.
5. Keamanan Data
6. Layanan yang di berikan
7. Biaya
8. Hardware
9. Teknologi yang di gunakan


2. PERANGKAT UNTUK MENGAKSES INTERNET

a. Perangkat keras
Ada banyak pilihan teknologi yang dapat di gunakan dalam mengakses internet.contohnya adalah :
1. Melalui Dial-Up
2. Melalui teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line )
3. Melalui Jaringan LAN
4. Melalui Jaringan GPRS
5. Melalui jaringan WIFI (Wireless Fidelity)
6. Menggunakan jaringan TV kabel
7. Menggunakan layana 3G

b. Perangkat lunak
Perangkat lunak adalah software dari aplikasi-aplikasi yang berfungsi untuk membantu kita saat bekerja di internet.



c. Faktor yang mempengaruhi kecepatan internet
Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan akses dari sebuah internet. Ini dapat kita bedakan menjadi 2 yakni faktor dari dalam komputer dan faktor dari luar komputer.
Dari dalam komputer yang mempengaruhinya adalah :
a. Modem yang di gunakan (modem internal)
b. Komputer yang di gunakan
c. Kualitas line telepon
d. Program penjalan fungsi internet

Sedangkan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet yang berasal dari luar adalah :
a. Jumlah pengakses situs
b. Jumlah pengakses ISP
c. Kecepatan akses server
d. Jenis komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar